Virtual Job Fair Bantu Pencari Kerja di Tengah Pandemi

Virtual Job Fair Bantu Pencari Kerja di Tengah Pandemi

 JEPARA - Dinas Koperasi UKM Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Diskopukmnakertrans) Jepara memberikan kemudahan bagi mereka dengan memberikan pelayanan bursa kerja secara online.

Amrina Rosyida, Kasi Penta PKK Lattas pada Dinas Koperasi UKM Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Diskopukmnakertrans) Kabupaten Jepara, menyatakan, sebenarnya tahun ini tetap akan dilaksanakan job fair.

Namun, lantaran pandemi, berbagai lowongan pekerjaan diinformasikan melalui media sosial.”Sebenarnya sudah ada rencana (job fair, Red) tatap muka. Tapi akhirnya tidak jadi, ” kata Amrina, Selasa (15/12/2020).

Untuk itu, lanjut Amrina, tahun depan bursa lowongan kerja akan dilaksanakan secara online. Para pencari dan pemberi kerja dapat mengunggah kebutuhan atau lowongan kerja di website yokerjo.jepara.go.id. Kerjasama Diskopuknaker-trans dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Jepara.

Melalui situs ini, pencari kerja bebas memilih perusahaan dan jenis pekerjaan yang tersedia. Sementara itu, pemberi lowongan kerja bisa memilih calon tenaga kerja yang akan direkrut.

Selain itu, situs ini juga menyediakan fasilitas pembuatan kartu AK1 (tanda pencari kerja). Masyarakat bisa mengajukan permohonan pembuatan kartu tersebut dan bisa mencetaknya sendiri di rumah. Setiap orang yang membuat akun dan mendaftar, akan mendapatkan kartu AK1 dengan barkode khusus.”Perusahaan bisa mengecek keaslian kartu AK1 itu lewat barcode yang ada di masing-masing kartu, ” terang Amrina.

Data pencari kerja, juga dapat dilihat secara langsung oleh pemberi kerja (perusahan). Jika mereka membutuhkan dan sesuai kompetensinya, bisa langsung dihubungi. Pencari kerja juga dapat mengunggah lowongan di wibesite tersebut.

“Tentunya kami melakukan verifikasi terlebih dulu pemberi kerja yang benar benar sesuai. Sehingga tidak menyalahgunakan data, ” katanya.

Pihaknya berharap, situs ini dapat mempermudah masyarakat dalam memperoleh pekerjaan. Pihaknya juga telah menyiapkan admin hingga di tingkat kecamatan. Admin-admin disiapkan untuk memfasilitasi masyarakat untuk berkonsultasi selama jam kerja.“Meskipun di tengah pandemi, kami masih tetap berkomitmen untuk memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat, ” kata dia. (***)

JATENG JEPARA
Update

Update

Previous Article

Berikan Pelayanan Terbaik, Disnaker Indramayu...

Next Article

Kadisnaker Kota Pekanbaru Abdul Jamal: UMK...

Related Posts

Peringkat

Profle

Update verified

Suharyadi

Suharyadi

Postingan Bulan ini: 0

Postingan Tahun ini: 0

Registered: Nov 9, 2020

Megy Aidillova

Megy Aidillova

Postingan Bulan ini: 0

Postingan Tahun ini: 0

Registered: Nov 12, 2020

Lukman

Lukman

Postingan Bulan ini: 0

Postingan Tahun ini: 0

Registered: Dec 21, 2020

Nisa

Nisa

Postingan Bulan ini: 0

Postingan Tahun ini: 0

Registered: Dec 21, 2020

Follow Us

Recommended Posts

Pemkab Agam Umumkan Hasil Seleksi Administrasi CPNS dan PPPK, 1.093 Pelamar Tidak Lulus
Penuhi Kebutuhan Industri Keramik dan Refraktori, Kemenperin Cetak SDM Kompeten
Pemprov Riau Umumkan Hasil Seleksi Administrasi Calon ASN
Kota Pekalongan Buka Pendaftaran BPUM Tahap 3
Kemenaker dan IDI Sinergi Turunkan Risiko Nakes Terinfeksi COVID-19