Menaker Ida Fauziyah Paparkan Tindak Lanjut setelah Pengesahan PP Nomor 60 Tahun 2020

Menaker Ida Fauziyah Paparkan Tindak Lanjut setelah Pengesahan PP Nomor 60 Tahun 2020
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah

JAKARTA - Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menyampaikan bahwa pengesahan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 60 Tahun 2020 tentang Unit Layanan Disabilitas Bidang Ketenagakerjaan oleh Presiden Joko Widodo pada 13 Oktober 2020 lalu.

Hal tersebut disampaikannya saat launching Unit Layanan Disabilitas bidang ketenagakerjaan secara virtual Pemberian Penghargaan Bagi Perusahaan yang Mempekerjaan Penyandang Disabilitas Tahun 2020 secara Virtual.

Dijelaskannya, setelah ditandatangani PP Nomor 60 Tahun 2020 tersebut tindak lanjut yang dilakukan oleh Kementerian Ketenagakerjaan.

Di antaranya menyusun surat edaran (SE) kepada Pemerintah Daerah (Pemda) terkait penyelenggaraan unit layanan disabilitas bidang ketenagakerjaan berkolaborasi dengan Kementerian Dalam Negeri dalam hal penyebarluasan SE tersebut ke Pemda.

"Pelaksanaan ini dari peraturan Mendagri Nomor 40 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyusunan Rencana Kerja Pemda Tahun 2021 yang mengatur panduan perencanaan anggaran kegiatan penyelenggaraan Unit Layanan Disabilitas Bidang Ketenagakerjaan di Pemda yang menyelenggarakan Bidang Ketenagakerjaan, " katanya.

Ia melanjutkan merencanakan program kegiatan di tahun 2021 dalam rangka sosialisasi/diseminasi ke dinas yang membidangi ketenagakerjaan di Provinsi, kabupaten, kota terkait SE untuk penyelenggaraan Unit Layanan Disabilitas Bidang Ketenagakerjaan.

Sehingga Pemda dapat menganggarkan penyelenggaraan Unit Layanan Disabilitas Bidang Ketenagakerjaan tersebut pada tahun anggaran 2020 dan tahun 2021.

Selain penganggaran terhadap penyandang disabilitas bidang ketenagakerjaan, ia berharap kepada perusahaan untuk mentaati peraturan hukum atau regulasi dalam hal penghormatan perlindungan dan pemenuhan hak pekerjaan bagi penyandang disabilitas.

"Tetap komitmen dan konsisten dalam mempekerjakan penyandang disabilitas dengan menerapkan manajemen ketenagakerjaan inklusi (disabilitas) di tempat kerja, " tutupnya. (***)

Ida Fauziyah
Update

Update

Previous Article

Sarbumusi Malaysia Terbentuk, Siap Membantu...

Next Article

Kemnaker Salurkan Termin Kedua Subsidi Gaji...

Related Posts

Peringkat

Profle

Update verified

Suharyadi

Suharyadi

Postingan Bulan ini: 0

Postingan Tahun ini: 0

Registered: Nov 9, 2020

Megy Aidillova

Megy Aidillova

Postingan Bulan ini: 0

Postingan Tahun ini: 0

Registered: Nov 12, 2020

Lukman

Lukman

Postingan Bulan ini: 0

Postingan Tahun ini: 0

Registered: Dec 21, 2020

Nisa

Nisa

Postingan Bulan ini: 0

Postingan Tahun ini: 0

Registered: Dec 21, 2020

Follow Us

Recommended Posts

Pemkab Agam Umumkan Hasil Seleksi Administrasi CPNS dan PPPK, 1.093 Pelamar Tidak Lulus
Penuhi Kebutuhan Industri Keramik dan Refraktori, Kemenperin Cetak SDM Kompeten
Pemprov Riau Umumkan Hasil Seleksi Administrasi Calon ASN
Kota Pekalongan Buka Pendaftaran BPUM Tahap 3
Kemenaker dan IDI Sinergi Turunkan Risiko Nakes Terinfeksi COVID-19