Wawasan Kebangsaan Dan Bela Negara sebagai Materi pada Sasaran Non Fisik TMMD Sengkuyung Kodim 0702/Purbalingga

INDONESIASATU.CO.ID:

PURBALINGGA. Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap II Kodim 0702/Purbalingga sebagai wujud kepedulian dan peran serta TNI dalam memberdayakan masyarakat dan Desa, hal ini tersaji bersama bukan hanya menitikberatkan pada kegiatan Pembangunan Fisik semata namun juga menyelenggarakan kegiatan Non Fisik yaitu berupa penyuluhan, sosialisasi dan ceramah.(17/7).

Disela-sela kesibukan Satgas TMMD Sengkuyung Tahap II Kodim 0702/Purbalingga yang masih berjalan pada hari ketujuh atau 1 Minggu ini, maka dalam hal ini pihak penyelenggara Program TMMD di Wilayah Kodim 0702/Purbalingga yang diwakili langsung oleh Danramil 12/Karanganyar Kapten Inf Suhardi melaksanakan penyuluhan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) dan Bela Negara kepada warga masyarakat Desa Kalijaran Kec. Karanganyar yang bertempat di Kantor Balai Desa Kalijaran.

Pada kesempatan tersebut Danramil 12/Karanganyar Kapten Inf Suhadi mengatakan, Bangsa Indonesia adalah Bangsa yang kuat sejak dimulai berdirinya Kerajaan Majapahit dengan kejayaan dan kesuksesannya dibawah komando armada perang yang sangat handal dan disegani di seluruh penjuru negeri dibawah pimpinan Mahapati Gajah Mada sehingga bisa menguasai Negara-Negara di Asia Tenggara dengan tujuan utamanya adalah ingin mempersatukan keanekaragaman suku, agama, budaya, bahasa.

Kini wawasan kebangsaan dan bela negara pada diri anak bangsa cenderung mengalami kemunduran atau lebih tegas lagi hampir pudar, ikatan nilai-nilai rasa dan paham kebangsaan yang berhasil mempersatukan bangsa ini makin turun. Oleh karena itu, sepatutnya kita kembali memantapkan nilai-nilai rasa, faham dan semangat kebangsaan dan bela negara melalui kegiatan TMMD Sengkuyung di wilayah Kec. Karanganyar. Demikian yang disampaikan Kapten Inf Suhadi.

“ Wawasan Kebangsaan merupakan cara memandang dan kemampuan untuk memahami keberadaan jati diri sebagai bangsa Indonesia. Dengan tidak melupakan doktrin-doktrin dasar yaitu Pancasila maupun sumpah pemuda, karena fungsi itu merupakan pemersatu bangsa serta sikap patriotisme yang menentukan nasib bangsa ke depan, ”tutur Danramil 12/Karangayar. (ragil.red)

  • Whatsapp

Index Berita