Upacara Pembukaan TMMD Ke-103 Digelar di Lembang Karre Penanian, Bupati Torut: Mari Bersama Membangun Kampung

INDONESIASATU.CO.ID:

KARRE PENANIAN - Pelaksanaan upacara pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-103 Tahun berjalan dengan sukses dan disambut dengan baik oleh masyarakat Karre Penanian dan Karre Limbong bertempat di Lembang (Desa) Karre Penanian, Kec. Nangala, Kab. Toraja Utara, Prov. Sulawesi Selatan, Senin (15/10/2018). 

Kegiatan upacara (TMMD) tersebut bertindak selaku inspektur upacara (Irup) Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan dan komandan upacara Kapten Danramil 04 Sesean, Czi Yohanis Palallo. Dengan tema "TNI Manunggal Dengan Rakyat Dalam Mewujudkan Desa Yang Maju Sejahtera dan Demokratis"

Disampaikan Komandan Satgas TMMD Ke 103 Hiraz Marnaek Saragi Turnip, M. Si (Han) yang juga sebagai Komandan Kodim 1414/ Tator, melaporkan berdasarkan surat telegram Nomor 233-2015 pertanggal 18 September 2018. Dalam laporannya terkait dengan ketentuan pelaksanaan TMMD Tahun 2018, dan dalam hasil rapat Pemerintah Daerah Toraja Utara dengan Kodim 1414/ Tator.

"Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan gambaran secara garis besar tentang TMMD sebagai laporan kesiapan TMMD 103 di Kabupaten Toraja Utara Tahun Anggaran 2018," unkap Hiraz Marnaek.

Selain itu, pelaksanaan TMMD ke-103 dilaksanakan dari 15 Oktober s/d 13 November 2018 di Lembang Karre Limbong melalui dua sasaran kegiatan, yakni fisik dan non fisik. Untuk sasaran fisik,  meliputi pembuatan talut, gorong-gorong, rabat beton dan jalan desa 1 Km, plester dan pengecatan rumah ibadah 1 unit dan sekolah.

Kemudian non fisik, meliputi penyuluhan KB, pelayanan kesehatan masyarakat, penyuluhan bahaya HIV-Aids, penyuluhan perkebunan, penyuluhan wawasan kebangsaan dan bahaya radikal, bahaya narkoba, penyuluhan karakter dasar, penyuluhan penanggulangan bencana, donor darah dan pemutaran film Nasional. 

Ditempat yang sama Bupati Kala menyampaikan "Mari kita sambut penuh sukacita program TMMDke 103 ini, dimana sangat membantu pembangunan di daerah," terang Kalatiku. 

Lanjut kata dia, "Program TMMD akan memberikan banyak manfaat di daerah, jadi diimbau agar masyarakat dapat bahu-membahu bersama elemen mengenai program tersebut untuk melaksanakan pembangunan karna tanpa dukungan serta kebersamaan masyarakat tidak mungkin berjalan sukses", Kata Kala.

Upacara pembukaan dihadiri Danrem 142 Kolonel Inf Taufik Sobri, Dandim 1403 Letkol Inf Muh Imasfi, Danyon 721 Letkol Inf Agung Ismail Akbar, Kapolres Tana Toraja AKBP Julianto P Sirait, Wabup Yosia Rinto Kadang, Kajari Makale Jefri Penanging Makapedua, Kepala PN Makale Timotius Djemei, para Kasi dari Kodim, Kepala OPD Toraja Utara dan tamu undangan lainnya.

Usai upacara tersebut rombongan Bupati Kalatiku Paembonan dan tamu lainnya menyempatkan melihat lansung lokasi pelaksanaan sasaran TMMD ke 103 di Lembang (Desa) Karre Limbong.

Disampaikan, personil tergabung dalam kegiatan ini berjumlah 105 orang,  terdiri dari personil Kodim 1414 Tana Toraja, TNI AU, Koramil, anggota Polri dan masyarakat.

Penulis: Oki S

Editor  : Erlinuddin

  • Whatsapp

Index Berita