Tuntut Upah Normatif, Buruh PT. Hetian Lakukan Aksi Mogok

indonesiasatu, 05 Dec 2018,
Share w.App T.Me

SERANG - Ratusan buruh PT. Hetian yang 80% kebanyakan perempuan dengan jenis produksi afer sepatu yang sudah tergabung dalam Serikat Buruh FSB Garteks KSBSI hari ini melakukan aksi demo menuntut upah normatif. Mereka melakukan aksi demo tersebut dilingkungan perusahan yang berlokasi dijalan Raya Cikande Rangkas Bitung KM 3,3 Desa Gabus, Kecamatan Kopo, Kabupaten Serang, Banten, Rabu (05/12/18).

Ketua Pengurus Komisarit (PK) tingkat perusahaan FSB Garteks KSBSI sekaligus ketua aksi demo Sukari menjelaskan kepada media, aksi yang dilakukan pada hari ini merupakan aksi mogok kerja. Karena sebelumnya, pihaknnya telah melakukan perundingan namun hasilnya tidak memuaskan, sehingga aksi demo ini (mogok kerja) dilakukan.

"Kita melakukan aksi demo ini menuntut hak normatif, kelanjutan dari perundingan yang tidak memuaskan," ujar Sukari dengan nada kesal.

Dirinya menjelaskan, selama ini kami diberi upah hanya dibawah UMK Kabupaten. Kami bekerja rata - rata sudah hampir 3 tahun dengan status kerja masih harian lepas, dan gaji masih variatif. Ada yang menerima upah selama sebulan hanya Rp. 1700.000 dan ada yang menerima upah Rp. 2000.000 upah kami selama sebulan, sangat jauh dari kata UMK.

Aksi Demo yang dilakukan dari pagi dan sekira pukul 11:30 WIB perwakilan dari karyawan diterima oleh pihak perusahaan untuk melakukan perundingan, namun pertemuan yang berlangsung singkat tersebut jawabanya tetap tunggu besok.

"Tidak ada hasil apa - apa, keputusan hasilnya besok," ucap ketua aksi setelah dilakukanya perundingan dengan manageman.

Sementara Rijal, kordinator dari Forum Buruh Cikande Kopo Jawilan (Cikoja) ketika dikonfirmasi dilokasi aksi, pihaknya terus memberikan semangat kepada buruh PT. Hetian untuk terus memperjuangkan haknya. Karena pihaknya sangat mendukung buruh dalam memperjuangkan hak - haknya.

"Saya sampaikan terus perjuangkan hak normatif kalian. Kami forurm buruh Cikoja sangat mendukung dan akan mengawal teman - teman buruh dalam merjuangkan hak haknya, bila perlu kita bawa massa yang lebih banyak lagi. Karena keberhasilan kalian merupakan barometer bagi perusahan - perusahaan lain untuk ikuti aturan pemerintah," ujarnya.

Masih dilokasi aksi, Fauzi sekretaris DPC FSB Garteks KSBSI mengatakan, pihak DPC akan terus dampingi PK tingkat perusahaan demi mendapatkan hak-hak normatifnya.

"Kita akan kawal dan dampingi para pengurus komisariat tingkat perusahaan dan seluruh anggota hingga harus kepengadilan Hubungan Industri sekalipun," pungkasnya.

Hingga berita ini ditayangkan pihak perusahaan belum bisa dikonfirmasi. (Ansori)

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu