Posyantek Maju Bersama Rambatan Tanah Datar, Segudang Penghargaan Minim Pendanaan

INDONESIASATU.CO.ID:

TANAH DATAR - Posyantek merupakan wadah bagi sekelompok penggiat Tekhnologi Tepat Guna yang di aplikasikan untuk masyarakat luas. Salah satu Posyantek yang hingga sekarang masih eksis dengan penemuan penemuan tekhnologinya yaitu Posyantek Maju Bersama, kecamatan Rambatan kabupaten Tanah Datar. Penemuan teranyar dari Posyantek ini adalah Tong Penghancur Sampah Organik (Topsor),merupakan suatu alat Tekhnologi Tepat Guna/TTG yang sederhana,yang mampu mengubah kebiasaan penanggulangan sampah keluarga dengan mudah. Selain itu, alat ini juga menimbulkan efek ekonomi tinggi yaitu sampah organik yang bisa dijual untuk daur ulang yang di olah oleh bank sampah melalui bumnag atau bumdes. 

Seperti yang disampaikan Afrizal Noerdin, ketua Posyantek  Maju Bersama akan pentingnya TTG yang bisa merubah perilaku masyarakat selama ini terhadap sampah. " Dengan adanya Topsor ini, masyarakat bisa mementaskan serta mengolah sampahnya sendiri tanpa harus membuang sampah ke tempat sampah. Dengan tekhnologi yang sederhana mampu menciptakan peluang ekonomi yang tinggi. Semua di kelola oleh kelompok masyarakat di bawah binaan Posyantek Maju Bersama. "ujar Afrizal.

Namun, lanjut Afrizal, peran pemda Tanah Datar khuausnya Dinas Pemberdayaan Masyarakat dalam mensupport kegiatan ini hendaknya musti di tingkatkan lagi. Mulai dari pembinaan serta penganggarannya. Selama ini Posyantek Maju Bersama, cari makan sendiri, usaha sendiri, dan berkembang maju sendiri, sementara dunia tahu kalau peran Posyantek  terhadap masyarakat Tanah Datar sangat dominan dalam meningkatkan taraf hidup dan ekonominya. 

"Besar harapan kami SKPD terkait ikut andil dalam sosialisasi dan penerapan TTG Topsor ini di masyarakat dengan membina dan meningkatkan bantuan alat di setiap rumah penduduk dengan program berkala melalui penganggaran setiap tahunnya. Setidak tidaknya Topsor ikut andil dalam pemutusan hubungan sampah masyarakat ke Tempat Pembuangan Akhir, artinya pemda tidak perlu mengeluarkan dana lagi untuk membuang sampah warga ke TPA. " pungkas Afrizal,30/11 dikantornya. 

Sesuai dengan mottonya, menciptakan lingkungan yang bersih, sehat dan memandang sampah sebagai tanggung jawab moral, Posyantek Maju Bersama telah banyak meraih prestasi baik skala regional maupun nasional, walau kurangnya pendanaan tidak menyurutkan langkah mereka untuk mencerdaskan masyarakat Tanah Datar dalam hal Tekhnologi Tepat Guna...... (Dwi)   

  • Whatsapp

Index Berita