SBSI Kota Palangka Raya, Penetapan UMR 2020 Belum Layak

indonesiasatu, 24 Oct 2019, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

PALANGKA RAYA - Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Palangka Raya, mengadakan pertemuan membahas Upah Minimun Regional (UMR).

Dilaksanakan di Aula Disnaker jalan Cilik Riwut Km 6 Palangka Raya, dihadiri dari Tokoh masyarakat kota Palangka Raya, Pengusaha, Akademis, Organisasi Pekerja dan instansi terkait.

Dalam pertemuan tersebut dibahas dan ditetapkannya Upah Minimum Regional (UMR) Kota Palangka Raya Tahun 2020, sebesar Rp. 2.931.000.

Pada kesempatan itu, Iwan Krisnanto selaku Ketua Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) Kota Palangka Raya, memaparkan bahwa kenaikan 8,5 persen dari UMR tahun lalu, tidak seberapa dibandingkan dengan kebutuhan hidup dalam masyarakat kota palangka raya terutama buruh.

"Kenaikan 8,5 persen tidak seberapa dibandingkan kebutuhan hidup saat ini, terutama buruh." papar ketua SBSI Kota Palangka Raya ini, 23/10/2019.

Didampingi sekretaris KSBI, Ir. Dandan Ardi, Iwan mengharapkan penetapan upah dilakukan berdasarkan UU tepatnya UU No. 13 tahun 2003, tentang ketenaga kerjaan, namun penetapan upah untuk tahun 2020 justru dirumuskan dengan Furmula lain.

"Harusnya pemerintah dalam hal ini melakukan penetapan Upah berdasarkan Survei kebutuhan hidup masyarakat per daerah bukan survei Nasional. dan didalam survei tersebut harus menghitung Kehidupan Hidup Layak (KHL)." terangnya.

Ditambahkannya juga menolak PP No.78 tentang pengupahan karena itu tidak mensejahterakan, karena setiap daerah mempunyai kehidupan hidup yang berbeda - beda.

"Kalau perlu akan mengusulkan kepada pemerintah (Gubernur Kalteng) untuk membuat perda sendiri tentang pengupahan, dengan harapan saya kedepannya pihak Disnaker harus berperan aktiv jika perlu melakukan survei lapangan tiap tahun bukan per 5 (lima) tahun seperti saat ini dengan tujuan penetapan Upah itu harus berdasarkan survei." tandas yang juga Aktivis adat dayak ini kepada indonesiasatu.co.id

Pada kesempatan itu, ketua pengupahan Plt. Kepala Dinas Tenaga Kerja Palangka Raya, H.M. Barit Rayanto. S. Sos,.M.Si, berharap hasil pertemuan itu dan hasil penetapan upah dapat diterima, terutama para pengusaha.

"Saya berharap hasil penetapan UMR dapat diterima semua pihak, jadi tahun depan harus sesuai dengan yang telah disepakati." terangnya kepada semua pihak.

(Indra. G)

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu