Pawai Mobil Hias Ramaikan Parade Budaya Di Kediri

INDONESIASATU.CO.ID:

KEDIRI - Pekan budaya dan pariwisata secara resmi dibuka Bupati Kediri Haryanti Sutrisno dan tema kali ini "Amestuti Budaya Leluhur Angesthi Kediri Misuwur". Agenda tahunan ini dimeriahkan puluhan kendaraan hias dari berbagai instansi pemerintah maupun swasta, senin (09/07/2018)

Tak mau ketinggalan, Dandim Kediri Letkol Kav Dwi Agung Sutrisno, Wakapolres Kediri Kompol I Made Wardana, Pasi Ops Kodim Kediri Kapten Kav Puguh Bintarto, Danramil Gampengrejo Kapten Kav Suradi dan Kapolsek Gampengrejo AKP Muklason, turut mengikuti jalannya prosesi pembukaan pekan budaya dan pariwisata yang berlangsung di seputaran Simpang Lima Gumul (SLG).

“Pekan Budaya sebagai media promosi pariwisata dan UMKM yang diikuti tidak hanya dari Kabupaten Kediri, namun dari luar daerah Kediri, serta selain Indonesia juga diikuti oleh Kamboja dan Thailand,” kata Haryanti Sutrisno dalam sambutannya.

Lanjutnya, Tema budaya tahun ini ialah Panji balik kampung dengan Tagline “Amestati budi leluhur, Angesti Kediri leluhur”. Pekan budaya pariwisata bertujuan untuk melestarikan budaya Panji yang kaya estetika dan etika ditengah kemajuan jaman, serta mencetak generasi yang berbudi luhur dan berkarakter demi kemakmuran panji di Kabupaten Kediri.

“Pekan budaya pariwisata ini akan mampu menjalin kembali budaya luhur yang telah berkembang seabad abad silam, sekaligus menjadi ajang pelestarian budaya ,serta promosi pariwisata. Selain itu, pekan budaya pariwisata ini dapat menggali  potensi kreatifitas generasi muda daerah, guna pembangunan di Kabupaten Kediri,” pungkasnya.

Rute yang dilalui pawai kendaraan hias ini diawali di depan kantor Pemkab Kediri atau tepatnya di jalan Sukarno Hatta, selanjutnya bergerak maju menuju jalan Airlangga hingga berakhir di kawasan SLG.

Berbagai atraksi juga dipertontonkan, dari marching band hingga seni tari Panji yang memang benar-benar dijadikan icon Kabupaten Kediri dalam menggerakkan sektor parwisatanya. (aang)

  • Whatsapp

Index Berita