Musabaqah Tilawatil Qur’an Tingkat Jorong Disambut Antusias Masyarakat

INDONESIASATU.CO.ID:

PASAMAN --- Ratusan masyarakat tumpah ruah menyaksikan acara Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ). Tingkat Jorong yang diadakan Remaja Masjid Taqwa Kampung Pagaran (binaan Bustanil Aripin), Jorong Sentosa Nagari Cubadak Kecamatan Duo Koto Kabupaten Pasaman. Selasa (29/05/2018) 

Gelar MTQ yang telah melibatkan peserta berasal dari masyarakat Kampung Pagaran Jorong Sentosa Nagari Cubadak, Kecamatan Duo Koto. Dan berbagai macam lomba yang dilombakan antara lain Tilawah Tingkat anak-anak, Tingkat Remaja, Tingkat Dewasa, Tartil dasar, umum, Tilawah lansia, Khotbah juma'at, Pidato dan kasidah. 

Bustanil Aripin, Ketua pelaksana kegiatan saat dikonfirmasi indonesiasatu.co.id. melalui kegiatan ini bisa merubah kebiasaan buruk yang jadi lebih baik.

"MTQ ini tidak hanya menjadi ajang untuk menilai lomba kemampuan Qori dan Qori’ah namun yang terpenting mampu menyampaikan pesan kesan yang terkandung di dalam AL QUR’AN sebagai pedoman hidup dan dapat dilaksanakan dalam kehidupan sehari hari," harapnya.

Jusni Kepala Jorong Sentosa menyebutkan MTQ ini merupakan salah satu cara untuk saling bersilaturahmi antara sesama Kafilah, perangkat nagari, serta aparatur pemerintahan baik yang di nagari maupun yang di kecamatan dan juga kabupaten,”tuturnya.

Warga setempat sangat menjunjung tinggi ilmu agama. "Budaya ini hendaknya terus dilestarikan, kalau ini dipertahankan Insya Allah remaja ini akan jauh dari bahaya Narkoba dan bentrok antar sesama,’’ jelas Jusni.

Sementara itu Walinagari Cubadak Yuni Yelfi mengatakan masyarakat yang hadir cukup antusias menyaksikan dan ikut turut menyukseskan MTQ dan juga para pemuka agama (ulama).

"Semoga Jorong Sentosa dapat menjadi contoh pelaksanaan MTQ yang ada di Nagari Cubadak,kecamatan Duo Koto Kabupaten Pasaman," harapnya. 

Walinagari Yuni Yelfi menambahkan “lebih khusus kepada para Guru Ngaji di TPA dan TPQ dapat meningkatkan kinerjanya dalam membimbing para santrinya dalam proses membaca Al-Qur’an yang khusuq” imbunya mengakhiri. (Anto)

Index Berita