Kontes Kediri Lokal Koi Show ke-4, Persiapkan Lomba Tingkat Nasional

INDONESIASATU.CO.ID:

KAB.KEDIRI-Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Dinas Perikanan Kabupaten Kediri menggelar 'Kediri Lokal Koi Show ke-4 Tahun 2018'.

Ajang ini, dilaksanakan 2 hari Sabtu-Minggu, 29-30 September 2018. Bertempat di Gedung Depo Pemasaran Ikan Hias Desa Pranggang, Kecamatan Plosoklaten, Kabupaten Kediri.

Bupati Kediri dr.Hj.Haryanti Sutrisno melalui Nur Cafid Kepala Dinas Perikanan mengatakan, bahwa Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama dengan Kediri Koi Club (KKC), dengan tujuan untuk mempromosikan ikan koi lokal kediri.

"Selain itu sebagai arena kompetisi ikan koi secara kualitas. Sehingga, nilai ekonomis ikan koi akan lebih meningkat,"ucapnya.

Ia menjelaskan, Tahun ini, Kediri Lokal Show ke-4, diikuti sejumlah 629 ikan. Pesertanya berasal dari pembudidaya ikan koi Kabupten Kediri, terbanyak dari tingkat lokal. Dibanding tahun kemarin, jumlah pesertanya hanya 400 ekor.

"Jumlah peserta meningkat dan kualitas ikan sangat bagus, sehingga perlu ditingkatkan pemberdayaan ikan koi dan persiapan lomba ke Tingkat Nasional,"terangnya.

Nur menyampaikan Pihaknya mendatangkan juri berasal dari Surabaya, Blitar, dan Kediri yang sudah memiliki sertifikat Juri Nasional.

"Setelah melalui proses yang panjang, hasil dari penjurian didapatkan Pujiono dari Desa Kunjang, Kabupaten Kediri memperoleh Grand Champion di Kediri Lokal Koi Show ke 4. Sedangkan, kategori Juara Umum diraih Dedy dari Banyu Biru, Desa Kandat, Kediri, "jlentrehnya.

Dia berharap kepada pembudidaya ikan koi, agar selalu meningkatkan kualitas ikannya, sehingga ada peningkatan nilai ekonomis ikan koi, yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan pembudidaya itu sendiri.

"Dengan digelarnya event ini, bisa membantu untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas petani budidaya ikan koi, serta kesejahteraan petani ikan koi lokal sangat potensial dan bisa melakukan ekspor ikan hias koi," ungkapnya. 

Untuk diketahui, Penyerahan hadiah diserahkan Bupati Kediri dr. Hj.Haryanti Sutrisno diwakili Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kediri Nur Chafid didampingi Camat Plosoklaten Elok. (adv/kominfo) 

  • Whatsapp

Index Berita