Hujan Deras Guyur Abdya, Permukiman dan Jalan Terendam Banjir

INDONESIASATU.CO.ID:

Abdya- Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Aceh Barat Daya sejak siang hingga sore hari telah mengakibatkan sejumlah permukiman warga dan ruas jalan nasional terendam banjir. Kamis (2/10/2018).

Pantauan IndonesiaSatu di lokasi, kawasan yang parah terkenal banjir terjadi di wilayah Kecamatan Kuala Batee. 

"Benar, banjir kali ini paling parah. Bahkan sekarang rumah dinas saya dan kantor koramil juga terendam. Padahal sebelumnya tidak sampai terjadi seperti ini," ungkap camat setempat Fauwizah, SP.

Ia menyebutkan Desa Gelanggang Aceh, Pasar Kota Bahagia, Blang Makmur, Alue Padee, dan Alue Diwi adalah permukiman yang paling parah terendam banjir dengan perkiraan dalam air 30 hingga 50 Cm.

Menurutnya banjir tersebut terjadi karena telah menyempitnya Daerah Aliran Sungai (DAS), gorong-gorong, parit dan saluran pembuangan air, sehingga tidak mampu menampung debit air yang besar. Ia mengakui kejadian ini menjadi evaluasi pihaknya untuk berbenah memperbaiki DAS, agar kejadian banjir ini tidak terulang lagi.

"Harapannya agenda ini bisa direalisasi dengan cepat oleh Pemerintah, karena Pemda melalui Badan Penanggulangan Bencana juga telah melihat langsung lokasi kejadian," terangnya.

Selain di permukiman, luapan air juga membanjiri lintas jalan nasional setinggi 50 Cm. Salah satunya terjadi di ruas jalan Desa Alue Diwi. Amatan, kemacetan semakin menumpuk karena mobil kecil jenis sedan tidak bisa melintasi luapan air tersebut.

  • Whatsapp

Index Berita