Danposramil Kertanegara Koramil 12/Karanganyar Bekali Wasbang Kepada Siswa Siswi SMP 2 Kertanegara

INDONESIASATU.CO.ID:

PURBALINGGA - Sekolah Menengah Pertama (SMP) merupakan jenjang pendidikan lanjutan setelah lulus dari Sekolah Dasar yang mana siswa/siswinya memiliki posisi strategis dalam membentuk dasar-dasar mental dan perilaku generasi muda bangsa karena Pada fase usia seperti ini tentunya sangat penting diberikan bekal wawasan yang berguna untuk mewarnai perjalanannya meraih cita-citanya dimasa yang akan datang.(18/7)

Sesuai dengan levelnya, pemberian materi wawasan tersebut disesuaikan usianya, sehingga mudah dicerna, dipahami dan dimengerti untuk dilaksanakan dalam kehidupan siswa-siswi di tingkat Sekolah Menengah Pertama.

Seperti halnya yang dilakukan Peltu Dwi Erlianto (Danposramil Kertanegara) Koramil 12/Karanganyar Dim 0702/Purbalingga Wawasan kebangsaan Pancasila / Bela Negara harus dipahami sejak dini, karena untuk menanamkan ideologi kebangsaan yang kuat dan rasa cinta tanah air serta mengetahui dasar negara Indonesia yaitu Pancasila. dalam memberikan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) kepada pelajar SMP 2 Kertanegra yang diikuti oleh 165 siswa/siswi.

Kegiatan tersebut dimaksud untuk menumbuhkan kembali Rasa Cinta Tanah Air kepada Generasi Penerus Bangsa dan memotivasi generasi muda dimulai dari pelajar untuk belajar pengetahuan Pancasila, bagaimana hidup berbhineka tunggal ika dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila," ujarnya.

Lebih lanjut, Danposramil juga menjelaskan kegiatan ini dilakukan untuk membentengi para generasi muda dari pengaruh negatif informasi yang tidak benar yang bertujuan untuk memecah belah persatuan.

"Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia ada 4 pilar yang perlu kita ketahui bersama yakni Pancasila, UUD Negara RI 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhineka Tunggal Ika," imbuhnya.

"Generasi muda sekarang ini jauh berbeda dengan generasi seperti dulu, dimana di zaman sekarang ini para generasi muda kita masih sangat kurang peduli terhadap Wawasan Kebangsaan," tegasnya.

Danposramil berharap dengan pemberian materi wawasan kebangsaan kepada Siswa-Siswi SMPN 2 Kertanegara calon generasi penerus bangsa ini, mampu menciptakan generasi muda yang bisa memegang janji dan sumpah setia untuk mempertahankan NKRI yang kita cintai bersama ini.

"Cinta Tanah Air utk tingkat Siswa Siswi bisa dituangkan dalam pelaksanaan Disiplin kehadiran, Sikap tertib dan khidmat saat mengikuti Upacara Bendera juga Musyawarah dlm pemilihan ketua kelas" tandasnya.(ragil.red)

  • Whatsapp

Index Berita