BNN Kota Kediri Lakukan Tes Urine, Dengan Target 100 Supir Bus

INDONESIASATU.CO.ID:

KOTA KEDIRI - Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Kediri kerjasama dengan Dishub Kota, RS Bhayangkara, Polres Kediri Kota dan Jasa Raharja Kota Kediri.

Menggelar tes urine kepada supir bus di Terminal Tamanan, Kota Kediri, Minggu (10/6/2018) pukul 09.30 WIB.

Kegiatan itu juga diisi dengan pemeriksaan kondisi kendaraan yang layak atau tidaknya beroperasi dan himbauan pemberantasan dan penyalahgunaan narkoba kepada supir dan penumpang.

Kepala BNN Kota Kediri AKBP Bunawar melalui Kasie Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNN Kota Kediri, Kompol Dyah Nawang Indrawati, SH mendampingi dr.Slamet Riyanto mengatakan, bahwa maksud diadakan tes urine, upaya untuk mencegah terjadi kecelakaan, yang disebabkan supir diduga mengkonsumsi narkoba.

"Hal itu yang tidak diinginkan, upaya ini dilakukan agar masyarakat merasa aman, lancar dan selamat pada saat pulang merayakan lebaran 1439 Hijriyah bersama keluarganya," terang Indra.

Dikatakan Indra bahwa  target 100 sopir bus yang diambil sampel urinenya. Dari hasil pemeriksaan dengan menggunakan tes kit parameter, ditemukan satu orang positif amphetamine atau positif palsu.

Namun dari hasil asesmen yang dilakukan oleh tim medis dr Slamet Riyanto, M.Kes yang bersangkutan sedang menjalani pengobatan sakit jantung.

"Sehingga, dengan istilah positif palsu bukan dikarenakan narkotika. Selain tes urin, sopir yang kondisi sehat diberikan vitamin secara gratis oleh tim medis," ungkap dr.Slamet.

Ditambahkan Indra, bahwa kegiatan pencegahan dan pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba harus dilakukan dengan bersinergi dengan dinas terkait.

Ditegaskan Indra tes urine juga bertujuan untuk mencegah terjadinya kecelakaan bus. Indra mengimbau kepada masyarakat luas apabila mengetahui tindak penyalahgunaan narkoba bisa menginformasikan ke BNN Kota Kediri.

Hingga berita ini diunggah, pemeriksaan tes urine masih berlangsung sampai selesai pada waktu yang belum bisa ditentukan.(prijo)

  • Whatsapp

Index Berita