50 Orang Penari Lenggasor Sambut Kedatangan Plt Gubernur Jawa Tengah Pada Kegiatan Jambore SD-MI Tingkat Jawa Tengah

INDONESIASATU.CO.ID:

PURBALINGGA. Sebanyak 50 orang Penari Lenggasor di terjuankan sambut kedatangan Plt Gubernur Jawa Tengah dan jajaran Forkompimda Kab. Purbalingga pada kegiatan Pembukaan Jambore SD-MI Ke IV Kwartir Daerah tingkat Jawa Tengah yang dilaksanakan di bumi Perkemahan Mujul Luhur Kec. Kutasari Kab. Purbalingga. (3/7)

Tarian Lenggasor ini merupakan tarian kreasi baru asli dari Kabupaten Purbalingga yang merupakan salah satu tarian yang berasal dari kesenian lenggeran yang telah dikembangkan atau dikreasikan termasuk kedalam tari rakyat karena berkembang di tengah masyarakat langsung. Tari ini biasanya ditarikan secara berkelompok oleh perempuan. Makna dari nama Tarian Lenggasor sendiri di ambil dari kata “Lenggah” yang artinya duduk dan “Ngisor” yang artinya bawah yang memiliki makna harus tunduk kepada sang Maha Pencipta serta patuh kepada orang tua. Tari ini biasanya ditarikan sebagai tarian penyambut tamu.

Gerakan-gerakan yang ada dalam Tarian Lenggasor memiliki gerakan yang enerjik serta sangat unik dan penuh keceriaan serta disispi gerakan yang jenaka dan juga para penari selalu melakukan goyangan-goyangan yang sangat menarik untuk di lihat. Tarian Lenggasor adalah adalah satu dari sekian banyak contoh tari tradisional di Indonesia, bukan sebuah lambang keterbelakangan karena salah satu dari tari tradisional yang sudah di kreasikan, tapi Tari Lenggasor ini termasuk asset yang wajib kita lestarikan.

Pada Kesempatan tersebut Komandan Kodim 0702/Purbalingga Letkol Inf Andy Bagus D.A S.IP pada kegiatan tersebut menuturkan, Saat ini banyak orang yang tidak mengenal jenis-jenis budaya tradisional yang berasal dari daerahnya sendiri terutama tentang tarian. Masyarakat saat ini lebih cenderung mengikuti arus modernisasi mereka justru lebih cenderung menyukai budaya barat dan melupakan yang tradisional asli Indonesia ,

Selain itu Dandim Juga menghimbau khusunya pada generasi penerus bangsa untuk senantiasa menjaga dan melestarikan budaya leluhur Indonesia agar tidak hilang seiring perkembangan jaman salah satunya Tari Lenggasor yang berasal dari Purbalingga . Tutur Dandim 0702/Purbalingga. (ragil.red)

  • Whatsapp

Index Berita